Rabu, 09 April 2014

random thoughts : aestethic indicated (iv) injections

halo
kali ini gue random banget pengen curhat soal suntik putih entah dengan menggunakan apa
yang paling sering gue denger sih asam askorbat + collagen, tapi ada juga yg asam askorbat 1g dalam 5ml. ih wooooow. dan dengan harga sekitar puluhanribu per-ampul, dan kalo di salon atau praktik dokter bisa ratusan ribu sampai jutaan.

sebagaimana yang pernah gue baca, vitamin C atau asam askorbat memang punya peran tersendiri dalam melanogenesis, intinya dia memperlambat kerja si melanosit yang memproduksi melanin, jadi memperlambat proses menghitam. tapiiii yang membuat gue pengen curhat disini adalah bagaimana cara si vitamin c ini masuk ke dalam tubuh hingga sampai di target organ yaitu dermis : dengan injeksi IV
buat gue sendiri injeksi IV adalah sesuatu yang mengerikan, karena langsung masuk ke peredaran darah. ya memang onsetnya cepat (makanya obat-obat IV biasanya diberikan bolus lambat), dan otomatis hal ini membuat ginjal bebannya makin berat... 

pernah diceritain aja, ada anak kecil yang tau2 CKD stage V, dan neneknya dengan bangga menceritakan kalo anaknya diberikan vitamin c peroral 1000mg perhari tanpa asupan air yang adekuat. kemudian ginjalnya seret gitulah kalo istilah gue. mungkin juga CKDnya dari batu yang ada di ginjal, karena vitamin c juga punya kecenderungan jadi batu di ginjal atau saluran kemih. kan kasian di umur yang masih muda harus cuci darah.

gue tidak merasa konsumsi vitamin c itu salah, karena gue sendiri mengonsumsinya. gue juga percaya selain efek antioksidannya, vitamin c juga bagus untuk kulit (FYI sebenernya vitamin A yang banyak berperan untuk kesehatan kulit menurut buku farmako UI), tapi mungkin cara masuknya gue lebih prefer peroral 'yang diakali' dengan pengaturan waktu minumnya atau dengan long-acting vitamin c yang lebih tidak iritatif dan diikuti dengan asupan air yang adekuat, karena vitamin c larut dalam air, disaring di ginjal. gue sebenernya lagi penasaran sama vitamin C topikal, cuma belum nyari preparatnya di apotik terdekat (FYI sebenernya gue pengen mencerahkan kulit wajah soalnya belang banget sama badan gue yang kuning langsat), karena secara pribadi gue merasa topikal lebih aman. 

so menurut gue orang yang bangga dengan suntik putih yang entah isinya apa itu.....tau gak ya efek samping dan mekanisme kerja obat yang disuntikkan ke dirinya tersebut?
well ini cuma sedikit pengetahuan gue mengenai vitamin c yang gue cari secara mandiri waktu stase kulit, dan memang guru gue gak ada yang menyarankan suntik vitamin c untuk putih (ralat : mencerahkan).

hikmahnya : mungkin vitamin c IV lebih cepat onsetnya daripada oral maupun topikal, lebih memuaskan, tapi kita juga jangan gelap mata dan mungkin menjadi tidak aware dengan adanya bahaya yang jauh lebih menakutkan daripada kulit yang kusam : menurunnya fungsi ginjal kita yang fungsinya vital dan cuma sepasang. 

dan saran gue : kulit putih gak selalu cantik, dan kulit hitam juga ga melulu jelek. melanin ada untuk melindungi kulit kita dari mutasi., semakin ia terpapar sinar UV dan teriritasi, akan semakin banyak produksi melaninnya. cuma kalo kulitnya belangnya jauh kayak gue, errr.... oh iya, pakailah sunblock dan hindarilah sinar matahari diatas jam 9.
sekian dan terima kasih.

Related Articles

0 Your comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.