Kamis, 15 Agustus 2013

Review : Tenchu 3 Wrath of Heaven

Halo
di suatu dimensi waktu, gue yang baru berumur dua puluh tahun akhirnya menamatkan Tenchu Wrath of Heaven (Tenchu 3)
jargon : live by honour, kill by stealth
Ah senangnya hati gue pada saat itu, game yang selalu gue idam-idamkan untuk ditamatkan akhirnya tamat juga! sebenarnya gak cuma Tenchu 3 ini sih... seri Tenchu yang lain gue juga memainkan dan menamatkannya (beberapa) dengan riang gembira.
Sebenarnya Tenchu series bukanlah sesuatu yang asing dalam kehidupan gue, karena saat gue masih lugu dulu (kelas 2 SMP) gue pernah on air di stasiun radio swasta anak muda yang kesohor, saat itu namanya masih 101,x mt* on sk*. dan itu berkat kecintaan gue pada game tenchu ini!!!! saat itu gue merasa jadi satu-satunya wanita yang sangat menikmati tenchu.

Storyline
Tenchu mengisahkan perjalanan duo Azuma Ninja : Rikimaru dan Ayame, yang kita yakini memiliki rasa yang tak biasa kepada satu sama lain. Mereka disewa Lord Gohda untuk menjaga keamanan, ketentraman, dan kebahagiaan putri kecil Lord Gohda, Princess Kiku, dan Lord Gohda juga sih. Dalam mengemban tugas berat tersebut, mereka masing-masing dibekali dengan ilmu ninjutsu yang rada ga masuk akal. Tugas mereka semakin berat karena Onikage ga pernah benar-benar mati, dan segala macam halangan rintangan yang menghadang. mulai dari stage aneh berjurang-jurang sampai musuh aneh yang bukan manusia.... ya hewan, ya setan.
dari seri ke seri, jalan ceritanya berkembang. mulai dari cuma lempeng doang (Tenchu 1 : stealth assassins) yang diakhiri dengan terkuburnya Rikimaru dalam tumpukan batu, Tenchu 2 : Birth of stealth assassins yang lebih maksud lagi ceritanya, waktu Ayame masih jadi gadis polos lugu yang mencintai Tatsumaru padahal Tatsumaru udah main gila sama Lady Kagami, ah pokoknya maksud banget seri yang kedua ini. Di Tenchu 3 : Wrath of Heaven, Rikimaru melakukan come back debut! ternyata hero kita ini belum mati dan berhasil kembali setelah terkubur hidup-hidup. aaaah otak para fangirl semacam gue langsung berpikir ayame dan rikimaru bakalan terus bersama setelah mengetahui rikimaru masih hidup!!! dan percaya atau gak... gue sampe detik ini ga tau storyline-nya tenchu 3 ini gimana... tau-tau tamat aja gitu. *merasa gagal* dan yeah seperti biasa, selalu ada Onikage!
Tenchu 4 (fatal shadows) berkisah mengenai rin dan ayame. girls rule this sequel. yeah awalnya Rin dan Ayame salah paham dan sempet cekcok gitu. tapi pada intinya misi mereka untuk mengeliminasi orang yang sama. and trust me this sequel is very hard.
tapi marilah kita berfokus pada Tenchu 3 karena baru gue tamatkan!

Gameplay
seperti pakemnya, game ini meneruskan gameplay-nya yang terdahulu yaitu stealth assasination. mengendap-endap, terus pencet kotak. voila! kamu akan disuguhi animasi ciamik yang tidak real bagaimana mangsa kalian dibantai dengan gore. yang bikin seru di seri ketiga ini, kamu diharapkan melakukan 10 stealth assasination untuk mendapatkan skill yang berguna untuk kedepannya. total ada 10 skill yang bisa kamu dapatkan per satu karakter. yeah ship jeom man jeom meh ship jeom~
oiyeah. di game ini juga muncul onikage seperti biasa. tapi keberadaannya gak begitu berarti, lawannya juga gak begitu susah *kibas rambut*
eh kok ketemu lagi~ apa aku ini mimpi~
boss utama di game ini bukan lord mei-oh atau lady kagami, melainkan Tenrai. sejujurnya lebih susah lawan Kagura di game ini dibanding boss terakhirnya, si Tenrai itu.
kagura yang lebih sulit ditaklukan dibanding boss Tenrai
oiyaaa gue juga mau bilang. game ini pure skill, gue sampe ga tau harus nulis apa tentang gameplay-nya karena hanya jari dan insting gue yang merasakan hahaha.
di game ini juga kita bisa mendapatkan satu karakter bonus ; Tesshu, jika telah menamatkan story mode dengan rikimaru dan ayame. Tesshu jarak pukulnya lebih pendek dari ayame dan lemotnya semacam rikimaru. terus story mode-nya cuma 5 level kalo ga salah. kurang menarik lah menurut gue.
sekilas kamu mirip guru saya. dokter bedah saraf.
spoiler! ada satu stage yang gue paling gak suka ; CEMETERY
blasss horror dan semua lawannya creepy. ada uuuiyaaaa *dengan nada*, kepala buntung melayang-layang, zombie ninja yang dilalerin, tapi ada ninja biasanya juga sih. tapi harap menjadi perhatian , semua dedemit yang ada di stage ini TIDAK BISA DITEBAS DENGAN PEDANG BIASA. nah lho. jadi kalo untuk Ayame harus pake kasumi & shizuku, Rikimaru pake Muramasa. dan stage Ayame lebih sulit, karena dari awal gak punya kasumi & shizuku, jadi harus bener-bener ngumpet kalo ada undead T_T


Graphic & character design
grafisnya lumayan, gak seculun seri terdahulunya (yaiyalah)
gue suka design Ayame. cantik dan deadly. seksi tapi tidak menjual tete. kalo kalian perhatikan baik-baik, rambut ayame bukan cuma dikuncir biasa, tapi juga dikepang dikit gitu. ah cute abis lah menurut gue. cantik dan deadly dan cute. plus seiyuu jepang-nya, pas. pas aja gitu semuanya. we love you Ayame nee-san <3
oiyeah, cemetery settingnya pas banget. horrornya dapet. apa semua karena ada uuiyaaa dan gue takut uuuiiyaaa? hmmm.

Love & romance
lagi-lagi ada segmen ini. yang perlu disalahkan ya cuma gue karena gue Riki x aya fangirl. i do ship them alot since i played tenchu 1. pada awalnya orang-orang semacam kecewa karena rikimaru tertimpa runtuhan batu. hmmm. namun ternyata dia membuat debut comeback yang mengejutkan ayame, dan kami para fangirls. kya kya. namun hubungan mereka keliatannya gak mengarah ke romance, tapi gue masih berharap ada fanservice gitu sih. mungkin rikimaru menganggap ayame semacam adiknya. 
aku ingin berdua denganmu diantara daun gugur~
credit belongs to the owner
mari sekali-kali kita membahasa masa lalu aduhai ayame dan tatsumaru. ayame cintanya bertepuk sebelah pantat dengan tatsumaru. you know, when a naive girl fall in love for the first time. aduh kasian. tatsumaru-nya malah diajak gila sama lady Kagami. 
di tanah minang ini hati merintih~ aduduh hati merintih~
fyuh. untung ayame gak tenggelam di telaga sunyi bersama cintanya yang murni. makanya ga usah jauh-jauh. konon katanya jodoh berada di sekitar kita, di dalam lingkar pergaulan kita, namun kita tidak pernah menyadarinya. itu konon katanya loh.
back to the topic, sekali lagi gue masih berharap di antara Rikimaru dan Ayame ada rasa yang tidak biasa seperti yang ada di antara L dan Light. yakinlah itu ada! *berharap di bawah bintang jatuh*
aku ingin berdua denganmu diantara daun gugur ~part2

Sekian dulu ah. pala gue pusing.

Related Articles

6 komentar:

  1. ko dishadow assassins ada scene itu deh, padahal gua udah tamatin tuh game

    BalasHapus
  2. haha, lucu bacanya, tapi okelah, menurutku untuk yang romance, justru riki yang sayang sama ayame, tapi ayame seperti menyembunyikan perasaanya terhadap riki, itupun selepas kepergian tatsumaru yang memang menyayangi lady kagami.

    BalasHapus
  3. Si anjirrr.. :v ngakakk.. Death note di bawa bawa.. :V
    Dari tulisan diatas gw bisa simpulin bahwa.. :
    Writer is Wibu :v
    Btw.. Bagus baguss!!

    BalasHapus
  4. Ngakak bacanya...
    Bikin satu2 dong kak..
    Pengalaman main tenchu 1 smpe Z.
    ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

    BalasHapus
  5. Saya penggemar game seri tenchu dari tenchu pertama dan sampai tenchu z, yang paling memorable mainin tenchu 3 ,selalu ingat masa kecil

    BalasHapus
  6. Apa cuma gw 2020 masih main tenchu
    Nunggu update gx muncul2, yg ada sekiro sm ghost of tsushima...
    Aq paling suka tenchu 3 dan paling gx suka tenchu shadow assassins

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.