Senin, 10 Maret 2014

Manga review : Garasu no kamen / glass mask / topeng kaca

halo

kali ini kita mau bahas manga fenomenal di masa kecil kita yang bahagia
yep, salah satunya adalah judul tersebut diatas; Garasu no Kamen atau Glass mask, atau yang lebih akrab kita dengar sebagai Topeng Kaca

Topeng kaca adalah masterpiece! karena manga ini berhasil membuat gue menganggap seni peran itu menarik, dan konsisten membuat gue ingin terus membacanya walau tankoubonnya udah entah jilid keberapa. Hasil keringat dan imajinasi Suzue Miuchi - sensei ini terbit pertama kali tahun 1976 (dan sekarang udah 2014, Maya is now an aunty).

di Indonesia sendiri Topeng Kaca hadir dalam seri-seri kecil, yaitu Topeng Kaca (9 buku), syair lidah api (8 buku), sejuta pelangi (10 buku), bayang-bayang jingga (6 buku), bidadari merah (11 buku), dan sisanya berjudul Bersatunya Dua Jiwa dan Dua Akoya. btw judulnya dangdut banget ya. di antara seri tersebut di atas, seri yang paling gue benci dan jarang baca adalah Syair lidah api karena *spoiler* isinya tentang naiknya karir Maya yang kemudian diikuti dengan anjlok jlok jloknya karir Maya dan ditambah dengan momen meninggalnya Ibu Maya, tears are flowing!!!

Storyline
Topeng Kaca adalah sebuah kisah --yang belum juga tamat-- mengenai seorang gadis berbakat bernama Maya Kitajima. Maya adalah anak yang tidak bisa apa-apa --menurut ibunya-- yang bekerja di restoran ramen, hingga beliau tidak percaya anaknya melanglang buana di tv dan gedung kesenian, tapi pada akhirnya ia bangga pada putrinya, sebelum akhirnya beliau meninggal ec TBC kalo gak salah. Ah itu adegan tersedih di manga sampe waktu SD gue cukup baca sekali aja soalnya bikin nangis. 
Tidak hanya itu kisah sedihnya, Maya selalu dipandang sebelah mata oleh orang-orang di dunia seni peran kecuali Bu Guru Mayuko, dan titik baliknya adalah ketika Maya mampu membuktikan bahwa aktingnya memang bukan isapan jempol semata dan orang yang meremehkannya akhirnya mengakui sambil mukanya hopeless banget *tsaelah*.
Poin penting lain di manga ini adalah mawar jingga! sebenarnya mawar ungu, tapi karena gue tumbuh besar dengan istilah mawar jingga..... ya mawar jingga aja deh.
Mawar Jingga adalah sosok yang paling dirindukan keberadaannya oleh Maya (setelah ibunya), Mawar Jingga bak om-om kaya yang siap merogoh koceknya, berapapun tagihannya untuk kesejahteraan dan kebahagiaan Maya, di sisi lain Mawar jingga adalah penggemar setia rahasia garis kerasnya Maya, tiap performance selalu ada dia, lengkap dengan seikat mawar jingganya!
sepanjang manga ini Maya diterpa berbagai halangan rintangan yang menerjang, naik turunnya karir Maya, sampai akhirnya Maya menjadi pribadi yang lebih tegar, lebih profesional, dan selangkah lebih dekat untuk mendapatkan Bidadari Merah!

Karakter 
Maya Kitajima / Chibi-chan / Mungil
Tokoh utama di manga ini yang baik hati dan berbakat namun sebatang kara, ia hanya punya akting sebagai hidupnya. Ibunya meninggal ec TBC dan secara tidak langsung 'dibunuh' Masumi Hayami, makanya ia makin benci pak Masumi. ah kisah hidupnya sampe males gue tulis karena naik turun banget kayak EKG. mulai dari karirnya yang sempat gemilang, sampe akhirnya dijebak antis-nya karena dirasa terlalu dekat dengan aktor lawan mainnya yang gue lupa namanya siapa (Maya juga keliatannya suka), dan akhirnya dibuang dari dunia persinetron-an saat itu, dan mulai merintis lagi karirnya dari bawah. tapi Maya tidak menyerah! akhirnya dia menjadi kandidat untuk Bidadari Merah. selamat Maya.

Ayumi Himekawa
Rival Maya Kitajima dari 'dunia' yang terbalik 180 derajat. Ayumi anak orang kaya *kemudian iri* cantik *makin iri* dan bakatnya menurun dari orangtuanya yang berkecimpung di dunia seni peran. Ayumi adalah princess dalam arti sesungguhnya. kemunculannya selalu diikuti dengan efek-efek sparkle, cahaya-cahaya cantik, atau bahkan bunga, dan fans yang terkesima akan pesonanya. Soal aktingnya memang tidak diragukan lagi, dan dialah orang cantik dan berbakat pertama yang menyadari kejeniusan Maya, sementara rival-rival Maya yang lain (yang tidak bisa diitung lagi jumlahnya karena lupa) hanya menertawakan dan meremehkan kemampuan tokoh utama kita!

Mayuko chigusa / chigusa tsukikage / bu guru
Guru Maya, orang berjasa di balik karir Maya yang cemerlang. Bu Mayuko adalah Bidadari Merah pertama yang mudanya luar biasa cantik dan merupakan selingkuhan Ichiren Ozaki, pengarang Bidadari Merah. karirnya berhenti karena kecelakaan (ketimpa lighting panggung tepat di muka). Bu Mayuko menemukan Maya dan mendidiknya menjadi Maya yang sekarang. beliau juga adalah artis top pada jamannya, dan berhasil membuat Eisuke Hayami, bapak angkatnya Masumi, tergila-gila padanya to the max sebagai bidadari merah. sehingga impian si eisuke hayami adalah memiliki lisensi untuk memainkan bidadari merah. beliau juga adalah orang paling sering serangan jantung, terus tau2 hemoptisis, terus kritis, jadi sakitnya apa?

Masumi hayami
mawar jingga, itulah ia. dia adalah bujang tampan idaman anak-anak gadis saat itu. gue juga sih, tapi kan gue manusia time lagged. ia tampan, rupawan, karismatik, tajir, sukses di segala bidang kecuali cinta. dibalik segala ketampanan dan karisma yang ia punya, ternyata masalalunya pelik dan membuatnya bertekad untuk menghapus kata 'cinta' dalam hidupnya. juga ia adalah orang yang secara tidak langsung mensukseskan Maya dari balik layar. intinya dia suka Maya sejak pertama kali ketemu, gitu aja sih. namun pertautan umur mereka yang selisih 11 tahun selalu dipermasalahkan. ditambah ia dijodohkan dengan Shiori yang sama kaya dan anggunnya. tapi pada akhirnya love conquer all. masumi membatalkan pernikahannya dengan Shiori, Shiori akhirnya syok, gangguan penerimaan dan mencoba bunuh diri.

Yu Sakurakoji
rival Masumi dalam memperebutkan Maya. Koji adalah sosok abang dan sahabat baik bagi Maya. Koji adalah orang yang dbn. saking dbn nya sampe males menjabarkan hahaha.

Artwork
notable dengan 'mata ilang'nya, cowok-cowok bishounen yang kadar kecantikannya gak biasa *dan sukses membuat gue tergila-gila dengan tipe cowok-cowok ini*.
gue suka image Ayumi lengkap dengan rambut ikal cantiknya, dan segala atribut kecantikan yang ada di dirinya. Dan rivalnya, Maya digambarkan luar biasa ordinary, biasa aja banget. Sementara itu Masumi Hayami tingkat ketampanan dan karismanya digambarkan 200% melebihi orang normal, bak dewa dewi yunani di dunia manusia gitu.

Romance & Love
tersebutlah kisah cinta selisih 11 tahun di manga ini. sedikit-sedikit Masumi selalu bilang "11 tahun...", yaaa masalah juga sih itu. Masumi yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Maya yang berselisih umur 11 tahun dengannya, berlindung dibalik nama mawar jingga untuk dapat berinteraksi dengan idolanya. Masumi kemudian menjadi orang yang selalu dinanti Maya di setiap performance-nya. Masumi -- dibalik kedok mawar jingganya-- selalu memberikan apa yang dibutuhkan maya, mulai dari tiket, hingga seragam dan biaya sekolahnya, juga meminjamkan villanya untuk Maya latihan menjadi Helen Keler disana ( yang mana Maya secara tidak sengaja memeluk Masumi yang ia pikir adalah mawar jingga saat itu). namun Maya sempat teramat sangat membenci masumi karena secara tidak langsung membunuh ibunya, dan menutup sekolah akting bu guru mayuko, dan banyak hal lainnya. tapi tidak dipungkiri juga Maya menyadari bahwa peranan Pak Masumi dalam karirnya juga tidak sedikit.
satu adegan yang notable ada di seri bidadari merah, saat mereka berdua ada di lembah plum, terjebak di sana, kemudian seolah-olah jiwa mereka bersatu, lepas dari raga, dan background kemudian berubah menjadi alam semesta, seolah mereka mengalami pengalaman spiritual yang luar biasa indahnya.
tak lama hujan pun turun, mereka berdua terjebak di sana dan mencari tempat berteduh. dan mereka terpaksa bermalam syahdu disana, di pelukan hangat seorang Masumi, dilengkapi kata-kata yang hanya ada dalam pikiran gila Masumi. Dalam kesyahduan, Masumi mengecup lembut bibir Maya yang tengah pulas. kemudian pagi datang, dan Masumi pergi meninggalkan Maya, bak adegan di hentai-hentai.
wang pu liao~ waaaang pu liao~
kalo gak salah Masumi juga bilang.... "tidurlah mungil" dan "aku juga laki-laki" sebelum adegan-notable yang gue jabarkan diatas terjadi. do you get what i mean? kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.

Sekian dulu. Gambar nyusul. jika ada salah-salah kata mohon dimaklumi karena kesempurnaan hanya milik Allah dan kesalahan adalah milik manusia. bye.

Related Articles

5 komentar:

  1. bagus.. keren... jadi teringat awal cerita TK. tp yg pasti endingnya yg ditunggu2..
    saya gi cari VCD TK ada yg tau? tlng infonya mks

    tiara

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf sampai sekarang saya cuma ngikut komiknya tuh.. itu juga kan belum tamat-tamat -,-

      Hapus
  2. kesukaan banget ini komik sampai sekarang pun belum tamat, berharap maya dan masumi bersatu diakhir cerita

    penyebab tipes

    BalasHapus
  3. Dulu kakakk gw punya tuh Komik Topeng Kaca :-)

    BalasHapus
  4. Aduuh kakanya penjabarannya indah skali bikin gw ngakak..layaknya komik pada jamannya..kyahahaha..
    Pas,cm gw nyari komiknya skrg aduh susahnya..lol
    Pnasaran at least perkembangan mrk berdua gimana,random bgt tiba2 Subuh2 gw nyari topeng kaca hadeuuhh..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.