Minggu, 27 Mei 2012

Makrab Sketsa dan Tawangmangu


hello
kali ini gue akan bercerita sedikit petualangan gue di tanah Jawa
sebagai mahasiswi perantau dari ibukota, yang gak begitu sering berwisata alam, Jawa merupakan tempat yang menjanjikan untuk dijadikan objek wisata karena gak begitu jauh.
yang akan gue bahas kali ini adalah: Tawangmangu

Tawangmangu adalah solusi tempat pelaksanaan kegiatan inap-menginap organisasi di UNS
Contoh : makrab UKM anu pasti di tawangmangu, touring UKM anu pasti di tawangmangu, acara himpunan anu pasti di tawangmangu
dan acara yang dilakukan di Tawangmangu hampir dapat dipastikan adalah menginap, kecuali touring (biasanya langsung balik)

Kali pertama gue ke Tawangmangu adalah saat Scholarzip, yaaaa sejenis pelantikan sebuah organisasi mahasiswa kedokteran se-Indonesia gitu deh
kesana naik bus carteran, melewati medan yang sangat 'Initial D', gak cuma pengkolan tajem tapi juga ada tanjakan dan turunan yang cukup ekstrem
berangkat malem, penerangan minim, gak ada pembatas jalan.
di Tawangmangu, dinggiinnnnn bangettt. tempat terdingin yang sampai detik ini pernah gue kunjungi di pulau jawa.
tapi disana kalo malem, semua bintang bersinar di langit bak rambut berketombe, Indah :)

Kali ini, belum lama gue ke Tawangmangu lagi, tapi naik motor men
tadinya gue kembang kempis gundah gulana naik motor, karena gue sering mendengar KLL di tawangmangu motor vs truk atau bus
lanjut ke perjalanan dengan motor
kalo pagi/siang gue pernah, ketika jalanan masih sepi, tapi pulangnya ngantuk banget gue ga tahan.
perpaduan maut antara udara panas, angin sepoi-sepoi, dan jalanan yang cuma lurus doang di karanganyar

nah baru-baru ini gue kesana naik motor, selepas magrib itu namanya kan malem kan ya kalo di Indonesia :)
KIta ke Tawangmangu dalam rangka Makrab Sketsa, makrabnya anak SMA 1 tangerang yang ada di solo, tapi kenyataannya banyak yg dari jogja, semarang (ada yang bawa motor dari semarang, wow) bahkan ada yang impor dari Tangerang :)
kita jalan pas malam minggu dan bertepatan dengan pengumuman UAN SMA
di jalan kita menemukan banyak anak SMA yang seragamnya sudah dipilox dengan berbagai motif, dan ngejamet di jalanan bikin padet dan berisik
begitu masuk pengkolan-pengkolan tajem Tawangmangu, hawa dingin semakin menusuk, namun anehnya jametwan dan jametwati tersebut diatas tidak terlihat kedinginan walau hanya menggunakan sehelai seragam
dengan penerangan yang seadanya, lima motor dan satu mobil yang kesemuanya berplat Tangerang (kecuali 1 ada plat Semarang) menyusur tanjakan demi-tanjakan.
Kemudian gue sempat liat ke langit, Subhanallah langitnya indah banget banyak bintang dipadu dengan lengkung manis bulan sabit *saelah*
gelap dan dinginnya Tawangmangu terbayar kalo liat langit semalam, pemandangan yang gak ada di Puncak karena udah kebanyakan orang

sampe di Villa, kita semua keteparan dan kedinginan. langsung aja makan dan bakar-bakaran jagung disana.
kemudian ngobrol-ngobrol, tebak-tebakan bego, main remi dan gaple dengan para senior dan junior yang baur dan asyik banget
abis itu gue tepar dan tidur cantik dibalik sarung kesayangan.

keesokan harinya, tiga dari teman kami balik duluan, jam empat pagi menerabas dinginnya Tawangmangu karena ada tanggungjawab lain di Solo.
kita jalan ke air terjun grojogan sewu, kita datang pagi banget, monyetnya belom rame
HTMnya Rp6000 buat turis lokal, kalo bule lebih mahal dan gue lupa berapa harganya.
Grojogan sewu tingginya 81 meter, terfasilitasi dengan baik, cuma sayang gak boleh main air pas di air terjunnya.
yah goyang...dan muka gue kaya sampah
sampe sono bener-bener cuma foto doang, gak nyemplung gak main air, terus kita balik gara-gara mulai rame dan kelaperan
tepar abis dari grojogan sewu, setelah menempuh 1250 atau berapa gitu anak tangga, nanjak.
Dulu gue pernah ke airterjun di sekitaran tawangmangu juga, namanya Jumog
Jumog ada di sekitaran candi cetho, candi sukuh, sedangkan grojogan sewu pas di tawangmangu-nya.
jumog memang lebih kecil, akses ke air terjunnya lebih dekat, dan HTMnya lebih murah ; Rp 3000
Tapi isinya kurang terfasilitasi, banyak sampah, licin, tapi bisa main air hehehee

Abis dari sana, kita siap-siap balik, beres-beres, terus balik deh motoran lagi sampe Solo :)
thanks n1tra :)

Related Articles

0 Your comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.